Suara Rakyat Kunak

Suara Rakyat Kunak
Suara Rakyat Suara Keramat

ESPN's Bottom Line Widget

Rakan Blooger ( Suara Rakyat Kunak )

Rabu, 16 Mac 2016

Inilah 5 Cara Agar Daya Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis

Inilah 5 Cara Agar Daya Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis

Ngopo.com - Mungkin sobat ngopo sering mengalami ketika sedang menggunakan smartphone, tiba-tiba daya baterainya habis. Hal itu tentu menjengkelkan kamu bukan? itu memang merupakan salah satu masalah yang cukup sering dialami para pengguna smartphone.

Hal tersebut wajar saja mengingat selain untuk menghidupkan smartphone, daya baterai juga terserap oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di background, widget, dan bahkan karena layar yang terlalu terang.

Namun kini kamu tak perlu khawatir lagi jika smartphone kamu tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau lupa membawa power bank. Berikut ini ada 5 cara agar daya baterai smartphone kamu tidak cepat habis, yang dikutip dari Tekno Liputan 6 :

1. Mempersingkat Timeout Layar

Ketika kamu menggenggam smartphone kamu -untuk mengetik e-mail, membalas pesan di WhatsApp, dan sebagainya- tentu saja layar smartphone perlu tetap menyala. Namun begitu kamu selesai dan meletakkannya, layar smartphone kamu kadang masih saja menyala. Nah, tak ada salahnya bila kamu menyetel timeout layar ke waktu minimum.

2. Mengatur Kecerahan Layar

Jangan atur kecerahan layar hingga mencapai kecerahan maksimum. Hal ini tanpa disadari akan menguras daya baterai smartphone. Atur kecerahan layar seperlunya.

Jika smartphone kamu dilengkapi oleh sensor cahaya, biasanya ada fitur auto brightness (kecerahan otomatis). Jadi kecerahan layar akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya.

3. Mematikan Vibrasi (getar)

Sebagian di antara kamu mungkin suka menyetel smartphone di profil getar, utamanya ketika sedang berada di situasi penting seperti di sebuah rapat. Kali ini, sebaiknya kamu memikirkannya kembali karena getar ternyata memakan lebih banyak daya baterai ketimbang sebuah ringtone.

4. Mematikan cek e-mail Otomatis

Salah satu fitur menarik di smartphone adalah push-mail. Dengan fitur ini, smartphone akan secara otomatis menerima setiap e-mail yang masuk. Pertanyaannya adalah, apakah setiap orang perlu fitur ini? Jawabannya, tidak.

Karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mematikan push-mail dan mengecek e-mail secara manual. Alternatif lainnya, kamu dapat menyetel push-mail dengan interval tertentu, misalnya per 30 menit, 60 menit, atau 90 menit.

5. Menyingkirkan Widget

Memasang widget memang kelihatan keren. Tapi coba pikir sejenak, apa kamu betul-betul memerlukan widget tersebut? Jika tidak, lebih baik kamu menyingkirkannya, terutama widget yang harus selalu terhubung ke internet seperti widget informasi cuaca.

Lebih parahnya, bila kamu memasang beberapa widget yang terus-menerus memperbarui informasinya melalui koneksi internet, mereka memakan banyak daya baterai.

Nah sobat ngopo, itulah 5 cara agar baterai kamu tahan lama atau tidak cepat habis dayanya. Semoga bermanfaat dan silakan kamu coba.

Tiada ulasan: