Suara Rakyat Kunak

Suara Rakyat Kunak
Suara Rakyat Suara Keramat

ESPN's Bottom Line Widget

Rakan Blooger ( Suara Rakyat Kunak )

Suara Rakyat Kunak ( Google+ Followers )

Isnin, 7 Mac 2016

Inilah Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cincau

Inilah Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cincau

Ngopo.com - Cincau dalam bahasa latin disebut Cylea barbata, miers. Banyak sekali kita dapatkan penjual es Cincau yang menjajakan dagangannya di jalan maupun di warung-warung. Jika tenggorokan terasa haus, tinggal beli saja, pasti harganya murah. Namun Cincau bisa sangat mahal nilainya, jika kita mengetahui berbagai macam khasiat yang terkandung di dalamnya.

Ada dua jenis Cincau, yaitu Cincau hijau yang terbuat dari tanaman cylea barbata dan cincau hitam dari tanaman mesona palustris atau cincau perdu premna serratifolia. Tumbuhan Cincau (cylea barbata) termasuk tumbuhan berbatang merambat, diameter lingkar batang kecil, kulit batangnya kasap dan berduri. Panjang batangnya mampu mencapai belasan meter, dan daunnya berbentuk perisai dengan permukaan dipenuhi bulu. Bunga tumbuhan ini berwarna kuning dengan buah batu berwarna merah mempunyai bentuk lonjong.

Tumbuhan ini sering ditemui di daerah terbuka tepi hutan atau semak belukar, tetapi ada juga yang dipelihara dan merambat pada pagar rumah.

Kandungan Kimia Cincau

Menurut penelitian para ahli, tumbuhan ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang mampu menyerap air, sehingga daunnya menjadi padat. Apabila segenggam daun Cincau diremas-remas dengan satu rantang air, akan diperoleh Cincau berupa agar-agar seperti dijual di pasar-pasar. Selain mengandung zat karbohidrat, Cincau juga mengandung zat lemak dan sebagainya.

Khasiat Cincau

Cincau sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Bahan ini sangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori namun tinggi serat. Cincau dipercaya mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam, dan diare. Sedangkan serat bermanfaat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.

Cincau pun bisa dijadikan obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi ini menjadi salah satu penyebab penyakit stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. Yusuf Wijaya, herbalis sekaligus pemilik Klinik Multi Aura mengatakan kandungan klorofil (zat hijau daun) yang ada di dalam daun cincau memang bagus untuk meredakan hipertensi.

Ramuan untuk Sakit Perut dan Hipertensi

Daun Cincau diremas-remas dengan air matang, disaring dan dibiarkan beberapa saat sampai berbentuk agar-agar. Kemudian ditambah santan kelapa dan pemanis dari gula kelapa. Itulah khasiat dan cara meramu cincau untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat.

Tiada ulasan: